Breaking News
---

Studi Tiru, Rombongan FK PKBM Kota Cilegon Puji Pola Pendidikan PKBM Asholahiyah Cilamaya

 Forum Komunikasi Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (FK PKBM) Kota Cilegon, Banten bersama Ketua Ikatan Penilik Indonesia (IPI) Kota Cilegon H Halusi Hambali, kunjungi PKBM Asholahiyah Desa Pasirjaya Kecamatan Cilamaya Kulon, Minggu (4/7/2024). 


Kedatangan rombongan di sambut para Tutor dan warga belajar yang didampingi pejabat di lingkungan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Karawang.
Foto : Kunjungan Studi Tiru FK PKBM Kota Cilegon ke PKBM Asholahiyah Cilamaya

Ketua FK PKBM Kota Cilegon, Abdul Karim mengatakan, pihaknya bersama rombongan senang dan gembira sekaligus mengapresiasi atas semua dedikasi dan inovasi yang kreatif di PKBM Asholahiyah ini. Pihaknya, dalam giat studi tiru ini bisa berbagi dan menimba ilmu berkenaan dengan pendidikan non formal yang selangkah lebih maju. Disini sebut Abdul Karim adalah gudangnya, karena banyak inovasi dan variasi jenis layanan pendidikannya, dimana di Kota Cilegon sendiri masih terbatas. Sebab, di Asholahiyah ini, ia memuji bahwa pendidikan kesetaraan ini bukan saja menggarap soal pendidikan, tetapi juga bagaimana memformulasikan kewirausahaan, kursus, dan pelatihan berikut pendidikan vokasinya berjalan beriringan dengan support dari pemerintah daerah maupun industry (swasta).

"Kami tertarik dengan pengembannya, dimana warga belajar bukan saja di layani urusan pendidikan kesetaraan ya saja, tapi juga kewirausahaan, kursus, peduli lingkungan maupun pelatihannya, " Katanya. 

Foto : Kunjungan Studi Tiru FK PKBM Kota Cilegon ke PKBM Asholahiyah Cilamaya

Sementara itu, H Halusi Hambali Ketua IPI Kota Cilegon mengatakan, dirinya apresiasi kepengurusan FK PKBM Cilegon yang gelar kegiatan studi tiru ke sejumlah lembaga pendidikan yang selangkah lebih maju. Pihaknya sebut Halus, banyak melihat pelajaran penting di Asholahiyah ini, di mana di daerah Cilegon sendiri diakuinya belum ada  ada PKBM yang luas karena keterbatasan lahan dan kemampuan keuangan PKBM yang terbatas mengharuskan bangunan-bangunan sekedarnya. 
Namun, beberapa poin yang di garis bawahi yang bisa di ambil pelajaran dan membuatnya tertarik adalah pengelolaan Bank Sampah, Kemitraan Industri, dan peduli Lingkungannya yang sudah optimal
"Karenanya, Kota Cilegon siap replikasi dari Asholahiyah Karawang ini, Semoga bisa di realisasikan minimal 75 persen bisa mencontoh apa yang sudah jadi kesuksesan di PKBM ini, " Ungkapnya. 

Tutor PKBM Assolahiyah Hamzah,S.Pd mengucapkan terima kasih atas kunjungan rombongan FK PKBM Cilegon ke Karawang, Ia berharap jalinan silaturahmi ini akan tetap terjalin guna kemajuan bersama Menuju Indonesia Maju.

“Kami menyambut baik dengan adanya kegiatan study tiru ini, diharapkan pendidikan non formal baik di Kota Cilegon Provinsi Banten dan Kabupaten Karawang Provinsi Jawa Barat dapat mengembangkan dan meningkatkan mutu pendidikan mewujudkan pendidikan non formal yang bermartabat dan berkualitas,” ungkap  Hamzah

Sementara itu, Praktik Baik Pembelajaran PKBM Assolahiyah, Siti Marini,S.Pd juga berharap berbagai praktik baik di PKBM Assolahiyah kiranya bisa diaplikasikan di wilayah lain di Indonesia dengan Pengelolaan Sampah Sebagai Keterampilan di Pendidikan Kesetaraan.
"Semoga menjadi motivasi Inspirasi bagi para penggerak pendidikan masyarakat untuk pelayanan yang lebih baik,” ucap Siti Marini. (Rd)
Ini Penting di Baca !!! :
Posting Komentar
Tutup Iklan